Thursday, June 9, 2011

Solusi Restart pada BlackBerry

      Semakin bertambah usia pakai suatu perangkat berbasis elektronika maka akan muncul pula beberapa masalah yang menyertainya, jangankan yang dicipta manusia yang dicipta oleh yang Maha Kuasa aja kalo masa pake nya sudah mencapai 50th potensio meter nya kadang bunyinya groog...groog...udah gitu ditambah gelombangnnya ...ngngiiiiikk....ngngiiiiiikk.....iya apa iya hayoo hee..hee...heeeeee......

      Sama halnya dengan peralatan komunikasi dan multimedia lainnya, BlackBerry yang super heboh karna gaya latah dan konsumerisme masyarakat indonesia akan sesuatu yang merebak di negerinya tukang sate bernama Obama itu lambat laun pasti akan timbul masalah karena banyak faktor yang menyebabkan nya. Namun kali ini kita tidak akan membahas penyebab-penyebab tersebut soalnya lama dan panjang sebab kebanyakan minum obat kuat ....heee....heee...heee.....
Kita hanya akan membahas cara mengatasi salah satu masalah yang ada, dan kebetulan kali ini yang kita akan bahas mengenai bagaimana mengatasi masalah RESTART BB yang tak kunjung sembuh setelah ditempuh berbagai cara manual untuk membuatnya normal kembali.

      Lalu apa sajakah peralatan yang akan kita gunakan untuk memperbaiki BB tersebut, ahh gampang semua itu bisa di download gratis dari situs resminya BB RIM. Download satu persatu dengan penuh kesabaran dan sebelum download saya anjurkan panjenengan semua untuk download Internet Download Manager (IDM) yang versi gratis atau trial aja untuk dipakai sementara buat ndonlot file software tersebut. Karna kalo gak pake IDM panjenengan bisa ketiduran, atau panjenengan mau coba mesin khusus buat browsing yang punya download manager terintegrasi dan super cepat kalo buat ndonlot, kalo mau besok tak uploadkan filenya dan silakan klik langsung link download nya dari postingannya. Yuk kita balik kemasalah utamanya soalnya udah ngantuk niiih...
Alat/software yang kita butuhkan adalah:

   1. Download dulu OS nya yang versinya lebih diatas dari yang sedang di perbaiki. Cara mengetahui versinya tekan "Alt+Shift+h". misalkan versinya adalah v1.0 maka cari yang diatas itu misal v1.1 atau v1.2 atau yang lebih tinggi dan lebih baru, begitu kata temen e mas dedi E yang bahasa inggris nya jago banget itu.
   2. Install BB Deskpro Manager 5.0.9.3 kemudian jalankan dengan klik ganda icon nya. Ingat!!! sebelum melakukan apapun dan dengan software apapun pasang terlebih dahulu BB nya ke compu dengan kabel USB nya. Di Deskpro yang saya pake bahasanya sudah saya sett ke Indonesia, perhatikan pertama kali terbuka software Deskpro Manager (DM) akan mencari device BB nya, perhatikan hasilnya pada tulisan "perangkat terhubung (PIN):tidak ada" ini menandakan BB tidak terdeteksi oleh compu. Jadi cek ulang BB Modem USB Driver nya sudah terinstal apa belum.
      Selanjutnya pada Menu utama DM silakan panjenengan klik dulu " Cadangkan dan kembalikan/Backup and restore" untuk membackup seluruh data BB tersebut, ini adalah langkah awal yang sangat penting dan menentukan di akhir proses penutupan nanti. Jadi jangan sampai terlewatkan proses ini.
    3. Kemudian dari hasil download file OS nya tadi silakan dihapus tanpa bertanya dan rasa ragu file "Vendor.xml" nya cari file ini di C:\program files\common files\Research In Motion\App loader, bila tidak ditemukan maka klik tab tool> pilih folder option> View> beri tanda pada Show hidden...namun jika di unhide belum juga muncul berarti panjenengan lupa nginstalnya lebih dulu hee...heee...heee.....
    4. Software JL_Cmder.
Disini tak kasih terjemahan cara menjalankan JL_Cmder ini yang dikasih sama temen nya Mas Dedi E dari judul aslinya " How To Wipe With JL_Cmder" berikut adalah langkah-langkahnya:

      ~ Setelah proses backup di atas selesai tutup dulu program DM nya. Sebab sekarang kita ganti acara ke         JL_Cmder
      ~ Klik ganda icon JL_Cmder untuk memulai proses, perhatikan koneksi BB dengan compu jangan sampai medhot atau putus alias gak konek.
      ~ Kemudian akan muncul tampilan yang pertama, tekan tombol mana saja untuk melanjutkan proses kata orangnya "Press any key"
      ~ Kemudian akan muncul tampilan baru yang menanyakan apakah BB kita ada memakai password bila ada tekan "Y" lalu masukkan passwordnya, bila tidak tekan saja tombol "N"
     ~ Setelah itu muncul lagi tampilan baru lagi,langsung tekan saja tombol angka "4" untuk menuju proses yang dinamakan "WIPE atau ERASE".
     ~ Pada jendela  berikutnya tekan saja "Y"untuk melanjutkan proses Wipe.
     ~ Selanjutnya pada jendela selanjutnya yang muncul ketikkan "blackberry" untuk melanjutkan proses.
     ~ Setelah itu munculah layar putih dengan pesan ERROR '507', tapi jangan kuatir ini adalah efek hasil dari proses WIPE tadi.
     ~ Tutup program JL_Cmder kemudian ganti dengan membuka kembali program DM seprti yang pertama kali.
     ~ Setelah program DM terbuka pada menu nya pilih/klik " Application loader" tungggu proses nya berjalan sampai selesai dan ini memakan waktu yang cukup lama antara 15 menit sampai 30 menit sampai BB reboot kembali. Perhatian!!! " JANGAN LEPAS BB DARI COMPU SEBELUM MUNCUL PESAN PADA APPLICATION LOADER SCREEN YANG BERTULISKAN >>THE LOADING OPERATION WAS SUCCESSFUL!!". Ingat sampai pesan ini muncul pekerjaan belum 100% selesai masih ada langkah terakhir sebagai tahap finishing.
      ~ Kembalikan lagi ke menu utama DM, setelah itu pilih "Backup and Restore" dan restore kembali file hasil backup kita pada langkah yang pertama kali tadi yang saya bilang sangat penting tersebut. Sebelum kita menjalankan program JL_Cmder tadi. Setelah selesai proses restore maka selesai pula pekerjaan kita menyembuhkan restart pada BB dengan Wipe menggunakan JL_Cmder. Bila kita ikuti langkah-langkahnya dengan benar insya allaah tidak akan menemui kendala. SEMOGA BERMANFAAT

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada:
          * Gusti Allah
          * Kanjeng Rasulullah SAW
          * Ibu dan Bapak atas doa-doa nya
          * Almarhum istriku Ita Nurwati di Syurga
          * Hanny Fitri Ayu I
          * Harris Susetyo
          * Mas Dedi E
          * Kenny ic3
          * Nurjahan Telecom
          * Mr. Miskin
          * Tiroid Flasher
          * The Belgiums
          * The Netherlannders
          * The Germany community
          * The Yankees
          * And Every one whose support this blog, Allah Loves you All Guys...

      Wassallamualaikum warah matullaahi wabarakatuh....

Baca juga posting



No comments:

Post a Comment