Friday, July 6, 2012

Open DNS Terbaik Juli 2012 [Tested]

Asalamualaikum WR WB


       Bagi kita yang hidup dan tinggal di Indonesia, untuk mendapatkan koneksi internet yang murah dengan koneksi yang stabil sungguh merupakan sebuah mimpi buruk di siang bolong. Ada beberapa provider swasta yang justru mau memberi mimpi itu kepada pengguna, namun masih memerlukan beberapa trik lagi agar koneksi mereka tidak kembat-kembut seperti keong siput karena jaringan mereka yang belum mengkover sampai pelosok negeri. Kalaupun bagus koneksi nya itu hanya disekitar kota besar dan tujuan promo mereka saja. Memang seharusnya koneksi yang stabil bisa kita dapatkan melalui koneksi kabel atau ADSL seperti telkom speedy. Tapi sayangnya mulai dari pimpinan sampai jongos-jongos nya cuma sibuk menghitung berapa yang harus masuk kantong masing-masing setiap bulannya, berapa target yang harus masuk rekening pribadi setiap tahun dan berapa yang harus menjadi harta kekayaan selama satu periode kepemimpinan nya. Sehingga lagi-lagi konsumen seperti kita yang harus menjadi korban. Oke mari kita doa kan agar mereka semua segera kualat kepada konsumen dan rakyat kecil [ innama amruhu idha aroda syaian ayyakula lahuu kuun fayakun].
       Sekarang mari kita akali saja dulu koneksi internet kita agar lebih stabil sehingga tidak lebih besar 0 kbps nya dibanding 1493 kbps nya saat kita melakukan download. Trik berikut ini cukup mudah untuk dilakukan baik di windows xp maupun di windows 7. Yang perlu kita lakukan adalah mengganti DNS bawaan telkom speedy dengan OPEN DNS. Ada 5 DNS server yang sudah saya uji, dan dari 5 DNS tersebut ada 2 DNS yang masih bekerja dengan baik sampai pada saat saya membuat postingan ini. Saya telah mengujinya selama satu bulan penuh dan hasilnya koneksi tetap stabil. Berkut ini DNS Servernya:
1. Open DNS 1
    Preffered DNS   : 203.130.208.18
    Alternative DNS: 203.130.196.155

2. Open DNS 2
    Preffered DNS   : 156.154.70.1
    Alternative DNS: 156.154.71.1

       Sedangkan DNS bawaan speedy adalah Pref: 202.134.1.10 dan Alt: 125.160.2.34 yang ternyata koneksi nya juga di korupsi telkom sehingga untuk memperoleh hasil pengetesan MEDIUM pun tidak pernah tercapai. Ada juga yang menganjurkan untuk menggunakan DNS Google [8.8.8.8 dan 8.4.8.4] yang ternyata kebanyakan untuk menayangkan iklan sehingga hasil test yang saya dapati adalah POOR.
Sebelum melakukan perubahan catat dulu setting DNS bawaannya agar bila terjadi kesalahan anda bisa mengembalikannya sendiri. Berikut ini langkah pengaturannya di Windows XP:

1. Klik ganda icon Internet Connection yang ada disudut kanan bawah pada taskbar desktop anda.
2. Di jendela Local Area Connection Status tab General kemudian klik tombol Properties.
3. Di jendela Local Area Connection Properties tarik kebawah scroll bar nya kemudian klik ganda Internet Protocol [TCP/IP].
4. Selanjutnya akan muncul Jendela Internet Protocol [TCP/IP] Properties. Tick pilihan Use the following IP Address, isi tiga kotak yang tersedia sesuai dengan yang ada pada komputer anda. Kemudian tick juga Use the following DNS server address. Gunakan satu persatu DNS yang saya berikan di atas dan uji satu persatu menggunakan program seperti Speed Connect Internet Accellerator. Gunakan salah satu DNS dengan hasil uji terbaik. Ada kemungkinan ada perbedaan hasil uji berdasarkan wilayah dan jarak dan panjang kabel telepon ke tempat anda berada. Bila kabel jaringan menuju tempat anda ada yang disambung/sambungan lapor ke telkom terdekat dan minta ganti dengan kabel yang utuh dan jangan dibayar karena anda sudah membayar setiap bulan.
5. Setelah selesai Restart komputer anda, kemudian lakukan pengetesan menggunakan Speed Connect Connection Tester. Dari hasil pengetesan saya menggunakan program ini saya dapati hasil yang membuat saya terkejut. Sungguh perubahan nya sangat luar biasa. Sebelum saya ubah hasilnya selalu POOR namun setelah saya uji kedua DNS tersebut berikut ini hasilnya [paket speedy sociallia 284 kbps].
Hasil yang sama [ CONNECTION QUALITY: GOOD dan SCORE: 99.8% ] juga saya dapatkan pada Windows 7.
Untuk pengaturan pada Windows 7 prosedur nya sama jadi akan saya jelaskan melalui gambar saja. Berikut ini langkah-langkahnya:
1.
2.
3.
4.

       Demikianlah cara yang telah saya tempuh untuk memperbaiki kualitas koneksi internet paket SOCIALIA dari Telkom Speedy yang penuh manipulasi. Semoga anda memperoleh hasil yang memuaskan seperti yang telah saya peroleh. Sementara saat ini saya sedang melakukan pengujian koneksi USB MODEM yang menggunakan jaringan CDMA EVDO REV A. Bila hasil pengujian ini juga memuaskan maka saya akan membagi ilmunya juga kepada teman-teman.
       Atas kunjungan rekan-rekan yang telah sudi mengunjungi blog yang CEKETHER ini saya sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya.
SEMOGA BERMANFAAT
wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [The Fully Fuckin' Headache Lion]









Baca juga posting



No comments:

Post a Comment