Saturday, October 6, 2012

Bootable USB Windows [Made In KIYAMBEK]

ASALAMUALAIKUM WR WB

       Berikut ini adalah cara membuat sendiri Bootable USB Flashdisk Drive Windows 7 menggunakan program Power ISO versi 4.8 ke atas. Saya memakai Power ISO v5.3. Caranya tentu saja dengan prinsip kemudahan dan semua harus bisa.
Siapkan adonan berikut ini :
  • Program Power ISO
  • File .iso Windows 7 hasil download atau pinjam DVD.iso tetangga sebelah
Cara membuat :

1. Buka program Power ISO. Masukkan DVD Windows 7 anda ke CD/DVD ROM Pc anda. Kemudian klik Tool Pilih pilihan Make CD/DVD/BD Image File, destination folder penyimpanan nya arahkan ke salah satu drive di pc anda.

2. Tunggu proses peng-copy-an selesai
3. Pasang USB FDD ke PC, bila terdapat file penting didalamnya silakan backup terlebih dahulu file-file penting anda.
4.Setelah selesai proses pembuatan file .iso. Klik Tool pada menu Power ISO, sekarang pilih Create Bootable USB Drive. Di area Source Image File klik kotak Browse untuk memilih file .iso hasil copy pada langkah awal. Pada destination USB Drive pilih di drive mana USB FDD anda terbaca pada Computer. Selanjutnya pada area Settings, ubah Write Method menjadi USB-HDD.

5. Klik Start untuk memulai proses. Bila muncul jendela peringatan klik OK karena file pada USB FDD telah di backup. Dan di jendela berikutnya Next.

6. Tunggu proses peng-copy-an file .iso kedalam USB FDD hingga selesai.

7. Bila telah tampil Write USB drive successful menandakan proses selesai, klik OK di jendela berikutnya.

       Tutup program Power ISO, lepaskan USB FDD dari komputer dan biarkan dingin. Kemudian pasang kembali USB HDD anda ke komputer dan lihat di Computer terbaca seperti apa USB HDD anda.

       Sekarang saatnya untuk mencoba USB HDD anda untuk bekerja. Pasang USB HDD ke komputer yang akan di install ulang. Restart/hidupkan komputer untuk masuk menu BIOS. Ketika pertama kali komputer booting tekan tombol F2 untuk masuk menu BIOS. Pilih pada menu Boot. Lihat apakah USB HDD anda ada pada daftar Boot device priority.

       Arahkan kursor ke USB HDD anda, kemudian gunakan tombol + [plus] untuk memindahkan posisi USB HDD anda menjadi first boot prior. Tekan tombol F10 dan Enter untuk menyimpan perubahan.

       Selanjutnya komputer akan reboot kembali, klik Enter saat muncul Boot from USB HDD. Proses selanjutnya melakukan peng-copy-an file instalasi Windows 7 ke drive C:\.
CATATAN: Setelah selesai melakukan peng-copy-an maka komputer anda akan restart/reboot kembali. Pada saat booting awal tekan tombol F2 untuk melakukan pengaturan boot prior kembali. Ubah boot prior ke Harddisk anda dan bukan lagi USB HDD. Tekan tombol F10 dan Enter untuk menyimpan perubahan.

       Mengapa harus mengubah Boot prior setelah proses peng-copy-an selesai???
Bila anda tidak melakukannya anda tidak akan berjumpa dengan menu seperti gambar diatas. Dan komputer anda akan berputar kembali ke menu COPYING terus menerus. Dan tak pernak masuk menu SETUP Windows. Berbeda apabila booting melalui CD/DVD ROM.

       Selesai sudah keseluruhan proses pembuatan bootable USB FDD Windows 7 dan pengujiannya sekaligus. Semoga dapat memberikan sedikit saja pencerahan kepada rekan-rekan semua. KENAPA HARUS ORANG LAIN BILA KITA SENDIRI BISA !!!
SEMOGA BERMANFAAT

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [The Fully Fuckin' Headache Lion]





















Baca juga posting



No comments:

Post a Comment