Sunday, January 20, 2013

Mengganti Neon LOOP menggunakan Dioda LED

ASALAMUALIKUM WR WB



Kali ini kita akan membuat sebuah alternatif untuk memecahkan permasalahan sulitnya mendapatkan lampu NEON bulat yang terdapat pada lensa LOOP yang biasa kita pergunakan untuk mengintip komponen elektronika yang terdapat pada PCB ponsel. Karena kecilnya komponen elektronika yang dipergunakan pada rangkaian ponsel maka hampir mustahil untuk dapat melihat jalur pcb ponsel yang menghubungkan antara satu komponen dan komponen lain yang saling terkait.
Berikut ini adalah cara mengganti NEON LOOP dengan Lampu LED yang biasa terdapas pada senter yang dapat di charge.

Komponen yang diperlukan adalah sebagai berikut :

1. Elektrolit Kondensator [ Elko ] dengan ukuran 2200uf/25 volt sebanyak 1 buah
2. Elko ukuran 470uf/16 volt sebanyak 1 buah
3. Resistor berukuran 820 ohm sebanyak 10 buah [ menyesuaikan kebutuhan ]
4. Lampu Dioda LED senter bercahaya putih sebanyak 10 buah [ menyesuaikan kebutuhan ]
5. IC regulator tipe LM 7812 sebanyak 1 buah
6. Dioda 1N4001 sebanyak 2 buah untuk transformator CT atau 4 buah untuk transformator 0
7. Transformator daya 500 mili ampere atau 1 ampere 15v - CT - 15v dan atau 0v - 15v sebanyak 1 buah

Peralatan kerja :

1. Tang pemotong
2. Solder filamen
3. Timah
4. Kabel merah dan hitam secukupnya
5. LEM silicon bakar dan Pemanasnya

Langkah perakitan :

A. Bila anda amati sebuah lampu Dioda LED akan memiliki dua buah elektroda yang saling berhubungan melalui seutas kawat filamen yang sangat halus. Dari kedua buah elektroda tersebut dapat dilihat dengan kasat mata terdapat perbedaan pada keduanya. Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh lagi.

B. Dari kedua bentuk elektroda tersebut dapat anda lihat ada dua bentuk elektroda yang panjang dan satu lagi lebih pendek. Kedua elektroda tersebut terhubung keluar melalui dua buah kaki komponen. Perhatikan kaki komponen yang terhubung ke elektroda PENDEK, bengkokkan kaki yang terhubung ke elektroda pendek ini untuk digunakan sebagai tanda sementara.

C. Berikutnya pada kaki LED yang telah anda bengkokan tadi, solderkan salah satu kaki kutub RESISTOR. Ulangi cara ini untuk seluruh komponen lampu LED dan RESISTOR yang telah di siapkan.
Lihat gambar

D. Berikutnya merakit rangkaian regulator power supply :
     >> Perhatikan ELKO yang telah disiapkan, pada plastik pelindung bodi ELKO di salah satu sisi kemasan tersebut akan terdapat GARIS PITA berwarna putih yang terdapat tanda - [ MINUS ]. Ini merupakan petunjuk bahwa kaki kutub ELKO yang dekat garis PUTIH tersebut merupakan kutub - [ MINUS ] ELKO. Sekarang bila anda menggunakan TRANSFORMATOR yang memiliki tap CT, hubungkan tap CT tersebut ke kutub MINUS ELKO yang berukuran 2200uf/25volt menggunakan seutas kabel berwarna HITAM. Bila TRANSFORMATOR yang anda gunakan menggunakan kutub 0 volt dan 15 volt, hubungkan tap 0 volt menggunakan kabel HITAM ke kutub MINUS ELKO 2200uf/25volt melalui dioda jembatan yang dibentuk dari 4 buah dioda 1N4001.
     >> Perhatikan DIODA anda pada bodi dioda germanium 1N4001, pada salah satu kutubnya memiliki gelang melingkar berwarna PUTIH. Satukan dua kutub yang memiliki gelang PUTIH menggunakan solder. Setelah tersambung erat dengan timah sekarang solderkan kutub yang anda solder menjadi satu ini pada kutub POSITIF ELKO 2200uf/25volt. Kutub ELKO yang tidak diberi tanda garis adalah kutup POSITIF ELKO. Untuk transformator yang menggunakan 0 volt - 15 volt anda harus membentuk dioda penyearah yang terdiri dari 4 buah dioda 1N4001 [ maaf tidak saya jelaskan untuk menghemat kertas, he..3x ]
     >> Siapkan dua potong kabel warna MERAH. Solderkan kabel tersebut pada tap 15 volt transformator masing-masing satu kabel. Hubungkan salah satu kabel dari tap 15 volt trafo [ MERAH ] ke salah satu kaki elektrode DIODA 1N4001 yang tidak anda gabungkan menjadi satu, dan kabel MERAH berikutnya hubungkan ke kaki elektroda DIODA yang berikutnya.
     >> Sekarang ambil IC REGULATOR LM 7812. Pegang IC ini dengan posisi tulisan LM7812 menghadap ke wajah anda. Bengkokan kaki luar sebelah KIRI IC Regulator ini. Solderkan kaki sebelah KIRI yang telah di bengkokan tadi ke kutub + [ POSITIF ] ELKO 2200uf/25 volt.
     >> Berikutnya bengkokan kaki luar IC LM 7812 bagian KANAN. Selanjutnya solderkan kaki TENGAH IC LM 7812 ke kutub - [ MINUS ] ELKO 2200uf/25volt. Sementara kaki IC LM 7812 bagian KANAN yang telah dibengkokan biarkan tidak terhubung.
     >> Selanjutnya ambil ELKO ukuran 470uf/16volt. Elko ini memiliki ciri yang sama persis dengan ELKO sebelumnya. Namun ELKO ini akan kita fungsikan sebagai filter saja. Sekarang solderkan kutup - [ MINUS ] ELKO 470uf/16volt ke kutub GROUND atau ke kutub - [ MINUS ] ELKO 2200uf/25volt.
     >> Berikutnya solderkan kutup + [ POSITIF ] ELKO 470uf/16volt dengan seutas kabel berwana MERAH, kemudian solderkan pada kaki luar IC LM 7812 sebelah KANAN yang masih belum terhubung ke komponen manapun. Kaki IC LM 7812 bagian kanan ini merupakan OUTPUT 12 Volt DC yang telah distabilkan, dan akan menjadi  input DC ke salah satu kaki lampu LED nantinya.
BERIKUT GAMBAR RANGKAIAN REGULATORNYA :

E. Sekarang susun lampu LED yang telah anda beri kopel RESISTOR 820 ohm melingkar mengikuti bentuk frame LOOP anda. Gunakan LEM SILICON atau LEM BAKAR untuk membuat posisi lampu LED seperti gambar berikut ini.

F. Hubungkan tiap-tiap kutub RESISTOR yang tidak disolderkan ke kaki lampu LED menggunakan kabel berwarna MERAH menuju OUTPUT + [ POSITIF ] rangkaian REGULATOR pada salah satu RESISTOR PALING UJUNG. Sedangkan salah satu UJUNG RESISTOR tidak dihubungkan ke + [ POSITIF ] Regulator.
Hubungkan juga kaki ELEKTRODA lampu LED yang tanpa RESISTOR ke tiap-tiap kaki ELEKTRODA lampu LED tanpa RESISTOR menggunakan kabel berwarna HITAM. Hubungkan salah satu ujung KABEL HITAM ini ke kutub - [ MINUS/GROUND ] rangkaian Regulator. Selanjutnya coba nyalakan lampu anda, bila dirasa kurang TERANG silakan ditambah lagi lampu LED nya sampai di dapat intensitas penerangan yang diinginkan. Pada lampu LED yang saya gunakan dengan 8 buah rangkaian lampu LED sudah cukup menerangi obyek PCB ponsel dan komponennya.
YUUP... kini anda telah berhasil membuat lampu LOOP dari bahan lampu LED, dan anda berhak memberi label lampu LOOP anda sebagai MADE IN KIYAMBEK.

Asumsi biaya yang saya keluarkan Rp. 20.000 untuk membeli 20 buah lampu LED senter baru. Sedangkan komponen lainnya saya me-recycle dari mesin-mesin pesawat televisi yang sudah usang sisa dari pekerjaan servis elektronika saya.
SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA YANG INGIN BERHEMAT !!!

BR
Hari Setyawan

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [ The Fully Fuckin' Headache Lion ]

Baca juga posting



No comments:

Post a Comment