Wednesday, January 2, 2013

NOKIA 302 Asha short by Water Accident

ASALAMUALAIKUM WR WB

NOKIA 302 Asha RM-813 mati total yang di akibatkan oleh air. Hal yang mungkin terjadi dikarenakan ponsel terjun ke air, berendam, mandi karena bau badannya sudah cukup menggangu ponsel disekitarnya. Hee..hee...heee...

Yuuk kita betulin. Ikutin aja cara yang ditempuh wong bodo ini.

1. Telanjangi ponsel anda dan keluarkan PCB, lepas bagian yang dapat dipisahkan dari PCB seperti kamera dan layar LCD. Bila layar LCD basah kuyup seperti yang terjadi pada ponsel yang saya perbaiki, bungkus layar LCD menggunakan tisu toilet kurang lebih 3-4 lapis agar air terserap keluar.
2. Rendam PCB ponsel ke dalam larutan arpus cair yang tidak terlalu kental. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar arpus cair meresap ke bagian dalam seluruh pin-pin BGA ic ponsel.

3. Kemudian keluarkan PCB dari rendaman cairan arpus, letakkan pada penjepit PCB ponsel dan tetesi seluruh permukaan PCB yang dipenuhi oleh komponen elektronika dengan cairan songka yang juga berwarna kuning kecoklatan. Biasanya anda beli di toko spare part ponsel.

4. Panaskan permukaan PCB yang telah dilumuri cairan songka menggunakan blower hot air anda. Lepas kaleng pelindung ic pada masing-masing bagian ponsel.

5. Bersihkan cairan songka dan arpus yang menyelimuti seluruh permukaan PCB menggunakan cairan IPA. Lihat dengan kasat mata komponen apa saja yang rusak atau hangus akibat terjadinya short antara kutup Positif baterai terhadap kutup Negatif baterai. Buang dan ganti komponen yang rusak/cacat.

6. Bila komponen yang rusak telah diganti namun masih terjadi short, periksa secara teliti komponen ( terutama kondensator ) yang terhubung langsung pada jalur VBAT menuju GROUND. Bila ditemukan ganti dan periksa lagi yang lainnya.
Sedikit tips dari wong bodo : untuk memeriksa apakah sebuah kondensator short/korslet, tempelkan jarum merah multi tester ke bagian GROUND PCB. Sementara jarum hitam multi tester gunakan untuk memeriksa pin inner kondensator.

Bila semua telah selesai, kembalikan ponsel seperti semula jangan biarkan ponsel tetap dalam keadaan telanjang bulat, hee3x...
Karena kerusakan semacam ini tergolong dalam kerusakan hardware, maka apabila anda melakukan pekerjaan dengan teliti dan benar dalam tempo yang sesingkat-singkatnya maka ponsel anda akan seperti gambar dibawah ini saat dihidupkan

Bila tidak seperti gambar tersebut, periksa lagi lebih detil dan teliti.
SEMOGA BERMANFAAT
Happy New Year to my friends on DryCoolAre russia

wasalamualaikum wr wb


Arek NGAJUM IsoIso Ae [ The Fully Fuckin' Headache Lion ]

Baca juga posting



No comments:

Post a Comment