Saturday, May 26, 2012

Ganti LCD dan Fleksibel SAMSUNG GT-B3310

Asalamualaikum WR WB


       Sebenarnya tak perlu melakukan penggantian layar LCD dan Fleksibel secara bersamaan, sebab kerusakan masing-masing hardware tersebut terlalu mudah dikenali dan dideteksi secara kasat mata. Dalam bahasan ini dilakukan secara bersamaan bukan berarti terjadi kerusakan pada kedua hardware tersebut [LCD dan Fleksibel]. Namun ini hanya sekedar demo untuk memberi sedikit jabaran untuk rekan-rekan sesama NEWBIE apabila melakukan repair pada salah satu hardware tersebut. Saya melakukan secara berbarengan karena kebetulan sedang punya stok kedua hardware tersebut. Jadi apa salahnya bila saya jabarkan dalam sebuah posting saja. Dengan kata lain sekali dayung dua pulau terlewati, lebih simple thooo...

       Langsung siapkan alat prakteknya :

1. Sebuah SAMSUNG GT-B3310 bejat.
2. Sebuah LCD.
3. Sebuah Fleksibel
4. Sebuah obeng bermata PLUS
5. Sebuah pinset/tweezer

       Mulai kerja :

1. Buka penutup boks baterai, keluarkan baterai dan sim card serta eksternal memori dari sarangnya masing-masing.
2. Lepas 6 buah sekrup back cover, lepaskan back cover nya.
3. Setelah back cover anda lepaskan, lepaskan pula pangkal fleksibel utama dari konektornya.
4.  Lepas 2 buah sekrup pengunci main board yang terdapat pada samping konektor fleksibel kamera dan di bagian bawah plat besi penutup chip ic ponsel [ dekat konektor eksternal antena ]. Kemudian keluarkan main board dari sarangnya.

5. Setelah main board dikeluarkan, lepas 8 buah sekrup pengunci cover keyboard qwerty. Lepaskan pula cover keybord qwerty tersebut [ perhatikan letak dan posisi fleksibel ].
Kemudian lepas 5 buah sekrup pengunci cover layar LCD atau cover depan [ front cover ].

6. Lepas cover depan sehingga anda dapat menjumpai layar LCD dan Fleksibel utama yang menempel pada cover tersebut.
7. Berikutnya tinggal melepas layar LCD dan Fleksibel utama dari masing-masing clipper nya. Ganti salah satu yang rusak [ demo melakukan penggantian pada keduanya ].

8. Pasang kembali back cover layar LCD dan keluarkan pangkal Fleksibel yang memiliki soket konektor melalui lubang yang ada. Jangan merubah letak atau posisi rel slider, biarkan seperti awalnya. Setelah itu kencangkan back cover layar LCD menggunakan ke 5 buah sekrup nya. Lipat Fleksibel ke arah rel slider, kemudian tekuk fleksibel kearah berlawanan tanpa membuatnya terlipat. Letakkan tekukan Fleksibel tepat dibawah rel slider sekitar 3mm.
9. Lanjutkan dengan memasang kembali cover keyboard qwerty tepat diatas rel slider. Keluarkan pangkal Fleksibel melalui lubang yang tersedia. Eratkan cover tersebut dengan memasang semua sekrup nya yang berjumlah 8 buah. Kemudian rekatkan Fleksibel pada cover tersebut dengan bantuan double tape.
10. Langkah berikutnya letakkan kembali main board tepat diatas cover keyboard qwerty, kemudian pasang pangkal Fleksibel pada konektor nya yang terdapat di main board.

11. Terakhir pasang kembali 2 buah sekrup pengunci main board pada posisinya semula, kemudian pasang kembali back cover. Sebelum memasang sekrup pengunci back cover lakukan pengujian dengan cara men-slide ponsel buka dan tutup. Bila anda salah dalam memasang Fleksibel saya jamin ponsel tidak dapat dibuka dikarenakan Fleksibel menahan slider. Kalaupun bisa terbuka biasanya keyboard qwerty hanya terlihat beberapa tombol saja.
12. Bila ponsel telah dapat di slide secara normal pasang 6 sekrup pengunci back covernya. Jangan lupa untuk menyematkan kembali simcard, eksternal memori dan baterai untuk mulai menghidupkan ponsel.
13. Coba seluruh tombol yang ada pada panel depan ponsel, bila semua tombol bekerja baik berarti Fleksibel anda untuk sementara sudah OK. Selanjutnya slide buka ponsel anda sehingga seluruh keyboard qwerty tampak semua. Buka menu PESAN [ MESSAGE ] dan pilih NEW MESSAGE. Pada halaman NEW MESSAGE ketikkan satu persatu seluruh tombol qwerty. Perhatikan apakah ada salah satu atau salah dua atau bahkan salah semua dari tombol qwerty tersebut yang tidak bekerja. Bila seluruh tombol bekerja dengan baik acungi jempol untuk Fleksibel baru anda.
14. Buat nota pembayaran untuk terima gaji.

SEMOGA BERMANFAAT

'THERE IS NO FAULT CAN'T BE LEARNING TO BE BETTER' [hari setyawan]


Thanks to :

ALLAH SWT
MUHAMMAD SAW
Mother and Father for useful DNA
Harris Susetyo
Hanny FITRI Ayu Iswarini
Almarhum ITA NURWATI
All The NEWBIEs around the world

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [The Fully Fuckin' Headache Lion}

Baca juga posting



8 comments:

  1. thx boz sangat bermanfaat postingannya....untuk harga kabel fleksibelnya berapaan ya boz? thx

    ReplyDelete
  2. nice posting boz...
    untuk harga kbel fleks berapaan ya boz

    ReplyDelete
  3. fleksibel samsung bervariasi tergantung supplier. untuk kualitas paling buruk kira2 25rb-an. saya selalu dapat original karena punya koneksi orang dalam.
    terima kasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  4. bos,kalu fungsi tombol qwertynya ada yg berubah gmn cara ceknya,taw benerinnya thx

    ReplyDelete
  5. tlg dijelaskan berubah yang dimaksud seperti apa. kirim ke harrysuryajaya@yahoo.com
    insya allah saya bisa jawab dg jelas
    terima kasih

    ReplyDelete
  6. mas klo kabel flexibel nya samsung GT B3310 punya stock nya gak?? Klo punya berapa harganya+ongkir nya, saya di jakarta selatan. Makasih..

    ReplyDelete
  7. akan lebih mahal ongkirnya, jadi silakan beli di pgc [ pusat grosir cililitan ] depas resto a&w, ini domisili terakhir saya dijakarta. atau bisa jalan2 ke roxy mangga dua lebih lengkap lagi. terima kasih

    ReplyDelete
  8. terima kasih dengan begini saya bisa menghemat biaya.
    oh ya saya mau tanya pas saya bongkar ternyata kabel fleksibelnya sobek tp ibu saya tnya k konter katanya lcd jd lebih baik saya tidak beli lcdnya dlu y ganti fleksibelnya dlu.
    terima kasih kaka

    ReplyDelete