Monday, October 31, 2011

NOKIA 6235i Gagal Nyala

       Asalamualaikum Wr Wb

       Selamat datang kembali untuk semua rekan yang membuka blog dari NEWBIE untuk NEWBIE ini. Semoga tiap kali anda membuka halaman ini ada sesuatu yang bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Sebenarnya saya bingung untuk memberi nama judul untuk postingan semacam ini. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan saja kasus yang terjadi pada ponsel NOKIA 6235i yang saya maksudkan pada judul postingan ini.
Kasus yang terjadi pada ponsel sebenarnya 'ponsel tidak dapat hidup ketika tombol ON kita tekan' tanda yang muncul adalah layar LCD ponsel menyala sebentar kemudian mati kembali. Dan ketika kita tekan kembali tombol ON kejadian yang sama akan kita temui kembali. Begitu kasus yang terjadi pada ponsel, semoga rekan-rekan dapat memahami maksud judul postingan ini.

HOW TO RUN MXKEY V3.5 REV2.3 WITH UFS TORNADO


Dan solusi mudah yang saya terapkan untuk mencari solusi agar ponsel dapat hidup kembali dengan normal, saya cukup berfikir sederhana untuk melakukan pengecekan software ponsel. Dari apa yang saya dapati dari hasil 'olah tkp' yang dilakukan oleh MX Key dengan bantuan UFS3, saya berasumsi bahwa kerusakan terjadi karena ada masalah yang terjadi pada data. Sebab dari hasil 'Pone Info' software dalam kondisi normal, oleh karena itu saya tempuh cara aman yang cepat dan berhasil guna ini. Berikut ini apa yang telah saya lakukan untuk memberi nyawa baru pada NOKIA 6235i yang mengalami kasus seperti yang saya uraikan di atas.

Peralatan yang diperlukan :
  • MX Key Dongle ( versi 3.5 rev 1.3/ OS Windows XP bajakan )
  • UFS 3 HWK Original ( sebagai pengganti HTI Box )


Langkah kerja sederhana :
       1. Hubungkan MX Key dan UFS3 ke komputer ( untuk MX Key akan lebih cepat kinerjanya bila langsung anda koneksikan ke USB port MOBO/ bukan USB Hub )
       2. Klik ganda icon mobilEx 3.5 rev 1.3 di desktop anda, pilih UFS3 sebagai interface. Kemudian klik 'Connect' untuk menhubungkan MX Key ke UFS3.
       3. Setelah koneksi keduanya berjalan baik, Klik 'Modul' ( lambang bintang di sudut kanan atas ) lalu pilih 'Nokia Service Tool'
       4. Pada 'Generation' pilih DCT4, kemudian klik 'Bus Check'. Klik tombol 'Service' kemudian pada tab 'Action' klik 'Read' pada menu 'Production Data Edit' bila semua digit muncul menandakan ponsel tidak mengalami kerusakan pada software. Kemudian lanjutkan dengan meng-klik tombol ' Phone Info' bila ponsel tidak mengalami kerusakan data software maka pada log MX Key akan muncul parameter nya.


       5. Sebelum melangkah lebih jauh, lakukan backup PM terlebih dulu, klik tab 'PM' kemudian pada menu 'Operation' klik tombol 'Read' maka MX Key akan melakukan pembacaan area PM dan jangan lupa untuk men-cek log MX Key apakah ada key PM yang mengalami masalah. Setelah selesai MX Key akan mem-backup file PM tersebut dan bisa anda lihat di C:\mobilEx\BackUp.

       6. Selanjutnya kembali ke tab 'Action' pada menu 'Factory Value Reset' beri tanda centang untuk [v]  Full Factory, [v] User Data , dan [v] Reset User Code. Langkah ini saya ambil sebab saya berasumsi bahwa ponsel mengalami gangguan pada chip IC Flash nya terutama pada system storage nya atau internal phone memory. Selanjutnya klik tombol ' Reset Selected ' dan tunggu beberapa saat MX Key melakukan pengaturan ponsel sampai muncul pesan OK.



       7. Setelah selesai klik tab ' IMEI & Security '. Kemudian pilih ' IMEI Rebuild ' beri centang pada ' [v] Imei & Esn ' kemudian pada menu ' RPL Backup ' klik tombol ' Backup RPL ' dan MX Key akan menyimpan hasil backup ESN secara otomatis dan bisa anda lihat di folder backup pada C:\mobilEx\
 Setelah selesai semua tahap diatas klik tombol 'Disconnect' untuk melepas koneksi antara MX Key dan UFS3, kemudian lepas kabel F-Bus dari UFS3 dan Ponsel. Hidupkan Ponsel menggunakan baterai dan sisipkan kartu sim. Setelah ponsel menyala operasikan ponsel selayaknya ponsel normal, lakukan panggilan dan kirim sms. Coba berbagai fitur yang ada seperti RADIO, CAMERA dan lain nya. Bila Kasus yang saya jelaskan diatas sama maka InsyaAllah problem yang di alami oleh ponsel NOKIA 6235i anda dapat terselesaikan dengan sempurna. Demikian lah sedikit tambahan pengalaman dari saya yang dapat saya bagikan kepada rekan-rekan NEWBIE sejagat. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat untuk anda sekalian. dan atas kunjungan anda di blog ini saya sampakan rasa dan ucapan terima kasih setulus hati, semoga anda tidak bosan untuk berkunjung ke blog tanpa makna ini



Wasalamualaikum Wr Wb



Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Singo MUMETH )

    Baca juga posting



    No comments:

    Post a Comment