Saturday, December 31, 2011

Ganti fleksibel dan keypad NOKIA E 75

       Asalamualaikum Wr Wb

       Kalau biasanya kita membahas fleksibel Sonyericsson maka untuk kali ini kita akan membahas cara memperbaiki fleksibel dan keypad/keyboard ponsel NOKIA E 75. Mumpung lagi ada pasien yg sebenarnya cuma butuh mengganti keypad saja, demi rekan-rekan newbie saya yang semakin banyak mengunjungi blog ini maka akan saya ulas juga proses mengganti fleksibel utama ponsel ini. Mau thooo...hee...hee....heee...
Saya akan memulai penjelasan ini dari tahap yang pertama yakni mengganti fleksibel  KEYBOARD/KEYPAD.

Berikut ini langkah kerjanya yg paling sederhana :

1. Lepas kartu sim, memori eksternal untuk keamanan, dan juga baterai ponsel

2. Slide menyamping posisi layar ponsel kemudian balik ponsel kearah bagian belakang. Lepas empat buah sekrup yang terdapat pada sisi samping slider LCD dan pada bagian atas.

3. Setelah 5 buah sekrup dilepas balik lagi posisi ponsel kebagian depan, selanjutnya lepas casing penutup LCD dan Keypad. Dengan hati-hati lepas pula layar LCD dari frame/boksnya. Jangan sampai anda melukai atau menyebabkan LCD retak. Setelah LCD terangkat maka akan anda jumpai dua lubang yang berada tepat di bawah layar LCD dan diatas samping speaker/earpiece. Geser slider kearah menutup perlahan seperti pada gambar dibawah, tahan dengan ibu jari anda ketika telah terlihat 2 buah sekrup di bawahnya. Lepas kedua sekrup tersebut.
NOTE: need to carefully when removing the screen out of the frame/box. It's risk to be breaking the screen!!!

3. Setelah sekrup anda lepas posisikan rangka slider seperti gambar dibawah. Buka penutup ( the flex connector cover )  konektor fleksibel utama dan keypad ponsel. Penutup ini terbuat dari logam dan berwarna hitam. A square black metal cap had to pull out first before you disconnected the KEYBOARD flex to the main flex. Setelah terbuka pisahkan fleksibel keypad dan fleksibel utama. Hati-hati ketika anda mencongkel tutup konektornya jangan terlalu dalam memasukkan ujung pinset pada celah kotak tempat kedua konektor fleksibel tersebut. Sebab apabila hanya salah satu fleksibel saja yang rusak hal ini tidak akan mengakibatkan fleksibel yang lain ikut rusak/robek karena tertusuk ujung pinset anda.
Be careful when pulling out the caps ( exactly ) there are 2 caps on the phone. Don't make other good flex being broken either.

4. Setelah anda melepas konektor fleksibel utama dan fleksibel keypad yang saling terhubung, lepas fleksibel keypadnya dari rangka frame slider dan ganti dengan yang baru.
Ciri kerusakan fleksibel keypad dan fleksibel utama sangatlah mirip, diantaranya: earpiace tidak berbunyi, keypad tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kamera sekunder tidak bekerja lampu led keypad dan LCD tidak menyala dll.
       


5. Pasang soket fleksibel keypad kemudian hubungkan dengan soket fleksibel utama, kembalikan posisi frame slider ke posisi  awal pasang 2 buah sekrup yang berada di bawahnya. Jangan pasang dulu seluruh sekrup yang telah dilepas cukup 2 buah saja yang berada di bawah frame slider. Kemudian letakkan layar LCD pada kedudukannya semula dan coba hidupkan ponsel untuk melakukan pengecekkan kondisi fleksibel baru anda, apakan fleksibel benar-bennar telah mengembalikan kondisi keypad ke keadaan semula. Bila tetap kondisi keypad masih tidak bekerja lakukan pengecekkan pada fleksibel utama apakah ada bagian yang robek, bila fleksibel utama bagus ( sebaiknya lakukan pengecekan menggunakan AVO meter dengan jangkah ukur X1 ohm, lakukan pada seluruh tap kaki fleksibel untuk memastikannya ) ganti 2 buah chip keyboard driver yang terdapat dekat dengan soket konektor fleksibel utama pada main board
       Bila penggantian fleksibel keypad telah berhasil, langkah penyelesaianya adalah dengan membalik langkah kerja dari nomor 4 menuju ke nomor 1
SELESAI TAHAP PERTAMA

Tahap kedua penggantian fleksibel utama ( Second step to changing MAIN FLEX )

Berikut ini langkah kerjanya yang sederhana:

 

1. Lakukan langkah-langkah seperti pada proses tahap pertama sampai langkah nomor 3. 

2. Setelah anda melepaskan konektor keypad dan fleksibel utama yang saling terhubung, angkat/lepaskan slider atas/slider frame layar LCD. 

3. Lepas penutup konektor B2B yang terdapat pada main board, letaknya dibawah fleksibel utama. Bila tutup ini sudah terlepas maka anda bisa menemukan dua buah EMIF driver keyboard ponsel. Lepaskan fleksibel utama dari soketnya pada main board. Ganti fleksibel yang telah dipastikan rusak/robek.
                

4. Pasang kembali penutup konektor B2B pada main board. Posisi penutup ini harus berada dibawah fleksibel utama, jangan anda pasang pada bagian atas/menutupi fleksibel. Bila penutup ini menutupi fleksibel, ketika anda menekannya agar kencang dapat mengakibatkan fleksibel baru anda JEBOL tertusuk kaki pengunci tutup konektor B2B. Lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya

5. Selanjutnya hubungkan ujung soket fleksibel utama dengan konektor fleksibel keypad, kemudian pasang pula penutup soket nya yang berwarna hitam. Kembalikan letak rel slider ke posisi semula, kencangkan dengan 2 buah sekrup seperti pada TAHAP 1 nomor 3. Kemudian pasang dan sambungkan LCD.
   

6. Setelah proses diatas telah selesai pasang sim card pada ponsel, hidupkan ponsel menggunakan baterai. periksa semua fungsi keypad, earpiece, layar LCD, kamera sekunder dll.

7. Bila pengetesan berjalan mulus dan seluruhnya telah normal kembali, pasang semua aksesori ponsel dan eratkan menggunakan sekrupnya yang telah dilepas pada proses awal. CUKUP SATU KATA YANG PERLU ANDA UCAPKAN: ALHAMDULILLAH...



SELESAI

    Sebagai seorang NEWBIE saya ingin menyampaikan SELAMAT TAHUN BARU 2012 kepada semua rekan pengunjung blog ini, semoga dari kunjungan anda tersebut anda memperoleh manfaat bagi kelangsungan pekerjaan yang anda geluti saat ini. Semoga di tahun yang baru semua pintu rizki dibukakan seluas luasnya bagi kita. Besar harapan dan doa semoga tahun ini dan yang berikutnya dapat menjadi lebih maju daripada tahun yang telah terlewatkan. Dan semoga karunia kesehatan selalu dicurahkan kepada kita semua agar tetap dapat menjalani dan menjalankan takdir hidup yang telah dianugerahkan kepada kita dengan baik serta penuh kebahagian.
Semoga usaha dan pekerjaan kita dapat mensejahterakan kehidupan kita dan keluarga. TERIMA KASIH atas kunjungan rekan-rekan semua pada blog ini. Apabila rekan-rekan mendapati suatu kesulitan yang dialami salah seorang rekan kita pada kotak komentar yang tersedia, besar harapan saya rekan-rekan juga mau membantu rekan tersebut dengan memberi REPLY pada kotak komen yang tersedia. Agar bila suatu saat kita mengalami kesulitan akan ada seorang rekan yang dengan sukarela mau membantu kita.

Wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Fully Fuckin Headache Lion )





Baca juga posting



No comments:

Post a Comment