Monday, January 9, 2012

Jumper Microphone NOKIA 5130 XM

       Asalamualaikum Wr Wb

Langsung saja ke topik masalah yang akan kita bahas mengenai jumper atau wiring jalur microfone Nokia 5130 XM. Pada kasus ini terjadi kerusakan pada pad microfone yang terdapat pada mainboard ponsel. Penyebabnya sudah barang tentu akibat ulah tukang servis yang tidak atau kurang memahami kiat yang baik dalam melakukan tugas reparasi ponsel.




       Langsung saja perhatikan dan ikuti langkah kerjanya:

1. Bila anda mendapati pad pada pcb atau main board ponsel rusak atau mengelupas anda tidak perlu risau. Jangan gunakan lagi pad tersebut kemudian buat kawat email jumper langsung pada microfone nya. Pelajari cara menemukan jalurnya yang benar melalui buku schematic diagram pasti akan anda temukan jawabnya.

Dari diagram skema di atas dapat kita ketahui kalau jalun microfone ( mic P ) adalah menuju ke IC N2200 melalui sebuah lilitan ganda dan sebuah kondensator kopel dan langsung ke kaki N2200 pin H1. Perhatikan juga skema dibawah ini:

2. Buat 2 buah Jumper pada microfone menggunakan kawat email 0.1mm. Pada bagian tengah microfone merupakan titik mic P yang akan kita jumper ke kondensator kopel. Kondensator ini berada pada pcb bagian muka atau pcb keypad. Untuk mengetahui mana pin kondensator kopel ini yang merupakan pin mic P dan pin GND nya cukup mudah. Gunakan AVO meter dengan jangkah ukur X1ohm. Hubungkakan tap hitam (-) AVO meter ke ground ( GND ) pcb, untuk mempercepat ketemunya GND tempel saja tap hitam (-) AVO meter ke body plat besi yang digunakan untuk menutupi chip IC. Kemudian hubungkan tap MERAH (+) AVO meter ke dua pin kaki kondensator kopel secara bergantian. Bila jarum ukur AVO meter bergerak menuju titik 0 ( nol ) menandakan pin atau kaki kondensator tersebut merupakan pin GND ( ground ). Dan apabila jarum measurement AVO meter tidak bergerak menunjukan bahwa pin atau kaki kondensator kopel tersebut merupakan kaki ( pin ) mic in P ( mic P ).
3. Hubungkan pertama kali jumper untuk mic P ke kondensator kopel yang terdapat di pcb keypad, kemudian hubungkan juga jumper GND nya
Catatan : untuk jumper GND dapat anda hubungkan dimana saja asalkan pad tersebut merupakan ground dari main board.
4. Bila pad microfon telah rusak lakukan tindakan seperti gambar diatas. Lihat gambar dibawah sebagai referensi pad microfone yang rusak atau mengelupas akibat kelebihan panas atau kesalahan prosedur reparasi.

       Demikian yang dapat saya bagikan kepada semua rekan sesama NEWBIE untuk menanggunlangi masalah kesulitan berkomunikasi pada NOKIA 5130 XM yg disebabkan kerusakan jalur microfone. Semoga dapat memberi manfaat buat semua rekan-rekan seprofesi. Selesai


 wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Fully Fuckin' Headache Lion )

Baca juga posting



No comments:

Post a Comment