Sunday, September 23, 2012

Cara Aman Uninstall Ubuntu Dari PC Dual-Boot Windows

Asalamualaikum WR WB

By Varun Kashyap [ saya terjemahkan dari bahasa Ibu kang Varun Kashyap yang dimuat MAKEUSOF ]

Literatur ini saya peroleh ketika kebingungan untuk melakukan uninstal Linux Ubuntu yang sejak saya instal terus saya pelajari dan ALHAMDULILLAH hasilnya tetap nggak bisa-bisa. Dan akhirnya saya putuskan untuk meninggalkan Windows XP saja di komputer saya. Banyak panduan yang beredar dan mudah ditemui di Google, akan tetapi sebagian besar sulit saya mengerti tata bahasa indonesia nya. Sebab sebagian besar hasil copas milik tetangga nya, yang ternyata hasil terjemahan mesin Google. Jelas bahasa nya morat-marit dan sulit dimengerti bagi orang seperti saya yang berpendidikan rendah. Namun akhirnya saya ketemu ulasan yang ditulis oleh kang VARUN KASHYAP ini. Dan saya terjemahkan menurut kemampuan otak saya yang tak terlalu mampu untuk berfikir.
Berikut ini langkah untuk Uninstall Linux [Ubuntu] dari komputer anda yang memiliki dual boot system

Linux adalah sistem operasi besar dan lebih sering menjadi bahan diskusi daripada tidak, itulah instalasi Linux.

Untuk perubahan, saya akan berbicara tentang bagaimana uninstall Linux Ubuntu (atau sistem operasi lainnya) dari pc yang memiliki booting  ganda, dan masih mampu boot ke OS lain tanpa kesulitan. Jadi mari kita memulai segera tanpa melalui banyak tahap.
Backup file Linux Anda [bila anda perlukan lagi dikemudian hari]
POP UP Ini muncul setiap kali, tapi cadangan benar-benar sangat penting. Jika Anda telah menggunakan sistem Linux untuk beberapa waktu, kemungkinan Anda akan membuat file. Anda tidak ingin kehilangan tentunya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat boot ke Linux, cadangkan file Anda (periksa direktori Home Anda) pada perangkat eksternal atau ke partisi Windows.
Atau jika Anda entah bagaimana telah merusakkan instalasi dan tidak dapat boot ke Linux, Anda dapat menggunakan IFS ext2 yang memungkinkan Anda akses ke partitions Linux Anda. Ini hanya dapat membaca filesystem ext2 dan ext3 sekalipun. Jika Anda menggunakan filesystem lain, Anda harus sedikit melakukan analisa untuk aplikasi serupa. Dalam hal apapun, Anda selalu dapat boot dari live CD Linux untuk membuat cadangan file jika semuanya gagal.

Menghapus partisi Linux
Langkah selanjutnya: menghapus setiap partisi Linux. Yang akan mencakup segalanya - boot, swap, home, dan segala pengaturan sistem anda, sekarang saatnya untuk menghapus semua partisi Linux. Ada beberapa cara untuk mencapai hal ini, yang termudah dengan melakukanya dari dalam Manajemen Komputer Windows '. Yang perlu anda lakukan adalah:


 • Login ke Windows sebagai administratif.
• Klik kanan pada My Computer, klik 'Manage'.
• Pilih 'Disk Management' perhatikan daftar di bawah 'storrage' dan Anda akan melihat semua partisi Anda terdaftar di sana.
Selanjutnya, Anda perlu mengidentifikasi partisi Linux. Partisi Linux umumnya memiliki sistem file yang terdaftar dengan mereka dan tidak dapat dikenali oleh Windows [windows membaca sebagai Unknown...], sehingga ini dapat berfungsi sebagai petunjuk. Cara lain bisa mengidentifikasi dengan ukuran atau nomor partisi. Anda dapat menggunakan partition manager, ini umumnya lebih baik untuk mengidentifikasi filesystem. Silakan, menghapus partisi, pastikan Anda menghapus bagian dengan benar. Linux akan terhapus dari drive dan begitu juga GRUB, yang memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi untuk digunakan pada saat boot. Jadi saat ini, Anda tidak dapat boot ke sistem operasi lain, tanpa bantuan. Kita akan memperbaikinya kemudian.

Restore MBR
Seperti yang kita ketahui, GRUB telah terhapus dan begitupula pilihan untuk boot ke Windows. Sekarang Anda akan perlu melakukan boot dari CD Windows / DVD untuk mengembalikan Master Boot Record [ seting BIOS untuk boot dari CD/DVD ROM ]. Anda juga dapat menggunakan Live CD lain seperti salah satu favorit saya HBCD sangat dianjurkan hanya jika anda tidak memiliki CD/DVD instalasi windows. Berikut langkah-langkahnya:
Windows 7
• Boot dari Windows CD / DVD dan pilih "Repair" ketika tampilan pilihan instalasi windows muncul.

 • Pilih command prompt pada layar yang dihasilkan dan menjalankan dua perintah berikut:


  1.  bootrec / fixmbr
  2.  bootrec / fixboot

Pengguna XP harus menjalankan recovery console dari Windows XP CD dan kemudian ketik fixmbr pada command prompt.
[ bila muncul peringatan klik YES untuk melanjutkan proses ]
setelah selesai ketit exit pada command prompt untuk mengakhiri. Kemudian keluarkan CD dan restart komputer. Pada kasus ini setelah restart, XP saya telah dapat booting kembali secara normal.

Mereklamasi ruang bebas
Restart setelah selesai, keluarkan CD dan Anda harus dapat boot ke instalasi Windows Anda. Setelah masuk ke windows, Anda harus kembali masuk ke Disk Management untuk mengatur kembali ruang bebas unpartitioned yang sebelumnya dipergunakan oleh Linux. Melakukan hal sederhana dan telah anda lakukan sebelumnya:
• Jalankan Disk Manajemen seperti sebelumnya.
• Klik kanan pada ruang unpartitioned [ berwarna hijau menyala ], pilih partisi baru atau drive logical baru.
• Tentukan ukuran dan pilihan lain sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda selesai.
Ruang bebas sekarang harus diakses dari My Computer seperti partisi lainnya. Atau, Anda dapat membuat beberapa partisi dari ruang bebas atau mengubah ukuran partisi yang ada sesuai kebutuhan. Anda dapat menggunakan utilitas seperti GParted, Easues Partition Master atau salah satu dari manajer partisi banyak di HBCD untuk melakukan tugas sulit dengan mudah.

Untuk lebih mempercepat saya menganjurkan menggunakan bootable CD HIRENs yang telah memiliki tool partisi harddisk seperti Partition Magic yang saya sukai. Bila sebelumnya anda hanya memiliki dua partisi harddisk maka sekarang Partition Magic akan membaca tiga partisi di harddrive anda. Ini dikarenakan bekas partisi yang digunakan oleh Linux menjadi kosong. Maka saya memformatnya sesuai file system yang sama dengan partisi D. Kemudian saya melakukan resize dan menyatukannya kembali dengan partisi D. Sampai disini semua telah selesai dilakukan.
Cara ini telah saya lakukan pada dual system Windows XP sp2 dan Linux Ubuntu. Dan kebetulan saya masih memiliki CD Original windows nya sehingga memungkinkan untuk melakukan RECOVERY melalui BIOS.

Demikianlah tata cara remove instalasi Linux pada PC yang mempunyai dual boot. Seperti yang telah saya pelajari dan terapkan dari literatur ini, ketika saya praktekan pada XP sangat memuaskan dan tanpa kendala sedikitpun yang terjadi pada XP dikemudian hari.
SEMOGA BERMANFAAT

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [The Fully Fuckin' Headache Lion]


Baca juga posting



No comments:

Post a Comment