Saturday, October 15, 2011

setool2g 'CAN'T LOAD IDENTIFICATION LOADER'

       Asalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

       Selamat datang kembali di blog ini utuk tahu mengapa dan kenapa, untuk bahasan kita kali ini bukan seperti biasanya. 
Ini disebabkan adanya e-mail masuk dari salah seorang rekan pembaca blog ini yang menanyakan mengapa pada log setool2g yang digunakan oleh rekan kita yang sesama NEWBIE ini tidak dapat booting sony ericsson K220i dan muncul pesan 'CAN'T LOAD IDENTIFICATION LOADER'. Dan alhamdulillah saya bisa memberi sebuah solusi yang sangat sederhana untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh rekan pembaca kita tersebut.
       Dan khusus pada posting ini saya ingin memberikan penjelasannya kepada semua rekan-rekan pembaca yang masih baru alias NEWBIE seperti saya. Dulu hal ini juga pernah saya alami manakala masih pertama kali saya menggunakan Flasher SE Tool. Karena masih mempelajarinya dan ketemu masalah yang sama persis maka saya jadikan sebuah catatan kecil dalam penggunaan SE Tool yang masih tersimpan dengan baik.
Berikut ini solusi bila anda menemui kendala 'CAN'T LOAD IDENTIFICATION LOADER' pada log setool2g berdasar pengalaman saya :

       A. Setelah anda membuka program setool2g kemudian menjalankannya untuk proses repair software, kemudian anda pilih Phone Type nya dan anda klik tombol Identify. Pada log pesan setool2g muncul pesan 'CAN'T LOAD IDENTIFICATION LOADER' dan anda mencoba untuk melepas pasang kembali baterai ponsel lalu klik tombol Identify kembali dan tetap muncul pesan tersebut ini menandakan ada kesalahan kecil pada Interface setool2g yang anda gunakan. Apabila anda tidak merubahnya berapa kalipun anda tekan tombol Identify maka pesan yang sama akan tetap muncul. Perhatikan gambar berikut ini :


      B. Ubah Interface nya sesuai dengan pendeteksian komputer anda terdapat pada COM berapa setool2g yang anda gunakan, kemudian klik tanda panah pada Interface dan ubah suaikan dengan COM nya. Bila telah benar maka ketika anda klik tombol 'Identify' maka setool2g akan berjalan dengan normal. Perhatikan gambar berikut :


       C. Mudah bukan cara yang harus ditempuh manakala terjadi kasus setool2g kita 'CAN'T LOAD IDENTIFICATION LOADER'. Dengan hanya merubah Interface nya saja kita sudah bisa untuk bekerja kembali menggunakan SE Tool. Bagaimanakah bila kita tidak mengetahui pada COM berapa komputer mendeteksi keberadaan SE Tool ???
Jawabnya sama mudahnya, caranya seperti berikut ;
  • Klik kanan My Computer
  • Pilih Manage
  • Klik Device Manager
  • Klik tanda [+] pada Ports ( COM & LPT )
Catatan : pada saat tersebut Flasher SE Tool anda telah terhubung ke komputer, jika tidak anda hubungkan ke komputer anda tidak akan pernah menemukan setool2g anda ada pada COM berapa. Untuk membuktikannya jangan pasang dulu SE Tool kemudian lakukan langkah diatas. Kemudian ulangi lagi langkah diatas dengan menghubungkan SE Tool terlebih dulu ke komputer. berikut hasil dari pencarian port Interface setool2g :


       Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan untuk rekan-rekan pembaca blog ini tanpa terkecuali. Besar harapan saya apa yang tak bermakna pada blog ini dapat menjadi solusi dari kesulitan yang kita hadapi. Maju terus semua rekan NEWBIE dan jangan cepat merasa puas, jadilah kita sebagai manusia yang perlu untuk terus belajar apalagi bila anda semua masih MUDA.

UPDATE KASUS:


the_laser

when phone turned off, you press and hold "C" ( or 2+4 ) buttons, signed mode checked in setool2 - does any device appear in windows device manager ?
if new device appears, install drivers for it from dist\drivers\usbflash_driver

maksudnya:
pastikan ponsel benar-benar mati, untuk menyakinkan lepas baterai sebelum proses flash dijalankan, pada menu settings centang pilihan SIGNED MODE.
bila gagal juga klik kanan My Computer> Manage>Device Manager
lihat disana adakah tanda tanda device baru yang tidak dikenali?
bila tampak NEW DEVICE, instal drivernya dari folder setool2g>drivers>Usb Flash Driver.

update dari saya bila masih gagal:
bersihkan port USB di bagian pantat ponsel. kerik pin-pinnya yang tampak kotor sampai bersih berwarna kuning keemasan menggunakan ujung tweezer.
bersihkan pula pin-pin yang terdapat pada kabel flash anda.
pada menu setting centang SIGNED MODE
klik Identify [kabel flash belum terhubung ke hp]
tahan tombol C kemudian pasang kabel flash ke hp
bersihkan pula konektor baterai pada baterai dan hp
pastikan baterai terisi
SEMOGA LANCAR


**************SEMOGA BERMANFAAT**************



Wasalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Singo MUMETH )

Baca juga posting



2 comments:

  1. gan, masalah error tersebut bukan krn itu juga, krn hp juga bisa, mungkin bisa ditambahkan

    ReplyDelete
  2. you're right mr anonymous...
    sayang saya tidak mendokumentasikan kasus tersebut apabila terjadi pada ponsel.
    biasanya saya lakukan emptyboard dulu. bila ada kasus serupa yang terjadi pada software hp akan saya dokumentasikan dan post disini. terimakasih atas koreksinya. semoga anda sukses selalu

    ReplyDelete