Saturday, December 3, 2011

Ganti Fleksibel SonyEricsson W20 Zylo

Asalamualaikum Wr Wb

       Jumpa kembali di postingan seorang NEWBIE untuk rekan sesama NEWBIE. Sebelumnya saya sampaikan selamat memperingati tahun baru HIJRIYAH bagi umat MUSLIM sak Ndunyo dan selamat  NATAL bagi umat kristiani dimanapun serta selamat menyambut datangnya tahun baru masehi untuk semua umat NEWBIE yang masih diberi kesempatan untuk memperingatinya.
Pada postingan ini mari kita bahas tips hardware ringan dalam mengganti fleksibel ponsel SonyEricsson W20 Zylo. Sedikit diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk sebuah proses penggantian fleksibel pada ponsel type ini.
Siapkan dulu perangkat berikut ini :

  1. Obeng bermata + (plus) dan obeng bersudut 6
  2. Pinset (Plier)
  3. Fleksibel baru
  4. Double tape
  5. Pick Gitar

Yuuk kita mulai aja kerjanya,


1. Slide keatas/buka slider ponsel
2. Lepas stiker belakang slider yang berfungsi untuk menutupi besi plat slider dan dua ekor sekrupnya.

3. Masih di bagian belakang ponsel lepas pula 6 ekor sekrup casing belakang
4. Lubangi label ponsel yang ada pada boks baterai, kemudian akan terlihat dua ekor sekrup pengunci casing depan. Lepas keduanya menggunakan obeng bermata + (plus)

5. Balik kembali posisi ponsel, lepas casing depan penutup layar LCD. Cungkil menggunakan Pick gitar dari bagian bawahnya kemudian dorong kearah atas.
6. Cungkil keatas bagian bawah board keypad depan, selanjutnya lepas tiga lembar fleksibel yang terkunci pada masing-masing saket di board keypad depan.

7. Lepas/keluarkan layar LCD dari framenya/slider. Hati-hati jangan sampai LCD retak.
8. Berikutnya balik posisi ponsel, lepaskan casing bagian belakang. Setelah terbuka perhatikan pada bagian Main Board akan ada 3 ekor soket. Satu soket nampak pada sudut atas sebelah kiri disamping konektor baterai, cungkil/lepas dulu fleksibel ini. Kemudian cungkil/lepas 2 ekor fleksibel pada bagian bawah Main Board ( PCB utama ) yang merupakan fleksibel utama dan fleksibel keypad dalam/utama. Keluarkan Main Board dari posisinya.

9. Kemudian slide kearah bawah/tutup posisi slider dan balik posisi ponsel. Perhatikan 2 ekor sekrup yang terdapat pada bagian bawah slider ( akan terlihat dari dua lubang slider bila layar LCD telah dilepas ) lepaskan 2 ekor sekrup ini menggunakan obeng bermata + (plus)

10. Balik lagi posisi rangka ponsel, buat lagi 2 buah lubang pada label ponsel di boks baterai, bila posisi lubang benar anda akan menemukan lagi 2 ekor sekrup pengunci rel slider bagian belakang. Lepas 2 ekor sekrup tersebut dan 2 ekor lagi yang berada di kanan dan kiri kamera.

11. Untuk melepas dua ekor sekrup yang terdapat pada kanan dan kiri kamera anda perlu sedikit berhati-hati ketika melepas yang berada pada bagian kiri kamera. Caranya cungkil perlahan fleksibel kamera jangan sampai terputus, kemudian singkirkan sedikit kamera dan fleksibelnya tersebut. Maka anda akan menemukan salah satu sekrup yang saya maksud.

12. Setelah 4 ekor sekrup pengunci rel slider bagian belakang dilepas, balik lagi posisi rangka ponsel dan slide kan turun/tutup posisi slidernya. Bila anda benasib baik ketika anda slide kebawah/tutup slider maka rel slider akan terlepas sendiri, tapi bila tidak anda tinggal mencungkilnya saja. Oaalaaaaah.....gampang-gampang reeek...

13. Keluarkan fleksibel dari lubang rel slider dan pisahkan rel slidernya ( lihat gambar di atas )
14. Lepas fleksibel lama dan ganti dengan yang baru ( change the broken flex with the new one ) dan beri sedikit double tape agar fleksibel yang akan terpasang pada bagian bawah Main Board dapat menempel pada rangka ponsel. Agar anda tidak repot saat menancapkanya pada soket Main Board.

15. Selipkan fleksibel baru ke lubang rel slider yang tersedia, jangan lupa pada saat tersebut posisi rel slider anda pada posisi slide keatas/terbuka. Setelah fleksibel utama keluar dari rel slider, slide kebawah rel slider dan kemudian letakan posisi rel slider secara benar pada posisi kedudukannya sehingga tidak nampak renggang dan menclek. Setelah itu kunci rel slider dengan 4 ekor sekrupnya tadi.

16. Berikutnya adalah tahap penyelesaian, langkah yang harus anda lewati adalah membalik urutan kerja diatas hingga yang terakhir anda lakukan adalah langkah nomor 1.
17. Setelah anda memasang casing bagian belakang jangan dikencangkan dulu dengan ke 6 ekor sekrupnya, gunakan 2 ekor sekrupnya saja. Sebab anda akan melakukan pengetesan terlebih dulu apakah fleksibel baru anda benar-benar sempurna atau fleksibel sortiran yang cacat produksi.
18. Sebelum anda memasang casing depan penutup layar LCD, hidupkan ponsel dan coba semua tombol keypad yang ada pada bagian luar maupun dalam ponsel. Bila keypad bagian luar tidak bekerja ada kemungkinan pemasangan fleksibel belum sempurna atau bahkan kualitas fleksibel memang rendahan. Bila keypad bagian dalam tidak bekerja ada kemungkinan fleksibel keypad dalam yang terdapat dibagian bawah Main Board tidak terpasang sempurna pada soketnya di Main Board. Bila layar LCD tidak memunculkan efek apapun/gelap namun anda dapat mendengar suara nada loading startup SonyEricsson, ada kemungkinan fleksibel utama tidak terpasang dengan baik pada soket di Main Board maupun pada soket board keypad depan. Bila layar LCD tidak ada tampilan coba lakukan panggilan ke nomor emmergency seperti nomor cek pulsa suara operator : 888. 555, 388, 123 dll. bila anda dapat melakukan panggilan ke nomor tersebut dan dapat mendengar suara mesin penjawab dari operator maka 99% layar LCD anda mati, namun apabila tidak dapat melakukan panggilan atau dengan kata lain tombol keypad depan anda tidak berfungsi cek kembali fleksibel anda dan lakukan lagi proses pemasangan dengan hati-hati.

19. Setelah semua selesai dan hasil pengecekkan akhir tidak ada masalah yang ditemukan, pasang kembali casing depan penutup layar LCD dan eratkan semua sekrup pengunci casing dan rel slider.

20. PERHATIAN !!! untuk sekrup pengunci rel perlu anda perhatikan semua ukuran drat ulirnya berbentuk paling pendek dan berkepala agak besar, untuk sekrup pengunci casing depan yang terdapat pada boks baterai drat ulirnya berbentuk ulir agak panjang sedangkan kepalanya kecil serta menggunakan mata obeng + (plus), dan pengunci casing belakang adalah sekrup dengan mata obeng 6 sudut


       Demikianlah yang dapat saya bagikan untuk teman-teman NEWBIE semua, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam menjalani rutinitas. Apabila postingan ini tidak bermanfaat saya sampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya.
Atas kunjungan rekan-rekan ke blog ini saya sangat berterima kasih sekali.

Thanks To :

cyberbookin.com
alexa.com
lockednetworks.com
bookmarkingviking.com
www.newsviva.com
filetram.com
www.filestube.com
www.4shared.com
softreflex.com
www.indowebster.web.id
www.general-files.com

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Singo MUMETH )

Baca juga posting



18 comments:

  1. Gan, hp ane SE W20 tiba-tiba ngeblank/gelap...kira2 kenapa ya? mohon pencerahannya. thx

    ReplyDelete
  2. gunakan untuk melakukan pangilan. bila ponsel bekerja baik melakukan panggilan, silakan cek kondisi fleksibelnya. bila fleksibel ok coba ganti layar lcd nya. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Gan Ari, ane ucapin makasih banyak neh, akhir nya W20 Zylo punya konsumen ane rebes juga tuh stelah di ganti fleksibel nya. Oh ya gan,sdikit masukan,untuk ficture stiap step,klo bisa agak sdikit zoom,cerah,biar kite2 kagak melototin tuh monitor..he he..
    Ok gan,..LANJUT KAN.....!!

    ReplyDelete
  4. terima kasih kembali. semoga blog ini kian bermanfaat. kalau gambar tidak jelas silakan rekan klik pada gambar tersebut untuk melihat ukuran yang lebih detil dan jelas. terima kasih masukannya..

    ReplyDelete
  5. gan hp ane mp3 na se zylo ska ga bsa d putar law lwat speaker.

    Harus ngcek nada dring dulu.
    .
    Eror flexsi na atau? Speaker ea?
    N servis flexsibel brapa harga na.

    ReplyDelete
  6. buat bang rio, silakan cek konektor dan pad buzzer pada pcb dan speakernya. bersihkan permukaannya dari korosi
    mudah-mudahan membantu
    terima kasih atas kunjungan nya

    ReplyDelete
  7. Boz klo ganti flexible'a,qra2 brapa yah harga'a...
    Thanks be 4...

    ReplyDelete
  8. buat mas bro anonymous..untuk ongkos tergantung teknisi.Tinggal teknisinya RAJA TEGA atw gak. Trims
    more info send message to
    harrysuryajaya@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. waahh mas mantepp,, sarannya,
    cma saya sobekin fleksi camerannya, ~_~'
    soalnya nepelnya keras banget.
    terima kasih mas atas tulisannya,
    lanjutkan

    ReplyDelete
  10. terima kasih juga kunjungannya
    lain kali tidak perlu tergesa-gesa
    supaya lebih hati-hati..

    ReplyDelete
  11. Trimakasih banyak Mas untuk tutornya . . . . .

    ReplyDelete
  12. ak ganti flexible zylo tiap 1 bln skali. Gembel.

    ReplyDelete
  13. jangan bawa gembel kesini boss.
    pelajari kesalahan untuk jadi orang bijak dan sukses

    ReplyDelete
  14. boss klo flexi kamera yang putus gmn boss?? TT hiks...hiks...hiks...

    ReplyDelete
  15. dijumper aja jalur fleksibel kameranya. jalurnya kelihatan mana yang putus, tinggal sambung pake kawat jumper sudah beres oom titus.

    ReplyDelete
  16. beli kabel fleksibelnya dimana bos? trus harganya berapa? makasih....

    ReplyDelete
  17. sebelumnya maaf untuk masabdullah dan rekan-rekan newbie yang lain apabila saya tidak dengan segera membalas komen anda.
    dikarenakan banyaknya ponsel dan komputer yang saya tangani akhir-akhir ini.
    untuk membeli flekksibel dan atau sparepart handphone silakan anda ke distributor sparepart ponsel terdekat di kota anda. semisal ATS Communications,SCPGSM, REVO Store dll. Biasanya mereka berkumpul di pusat perbelanjaan yang besar seperti ITC mangga dua jakarta atau WTC surabaya sebagai contoh. Terima kasih semoga tidak mengecewakan.

    ReplyDelete