Sunday, December 11, 2011

Ganti Fleksibel W100i




       Asalamualaikum Wr Wb

Berikut ini adalah postingan mengenai solusi hardware mudah yang kembali saya sajikan. Masih mengenai  tata cara mengganti fleksibel pada ponsel Sonyericsson. Kali ini mengenai prosedur cara mengganti fleksibel Sonyericsson W100i. Mengapa cara mudah ini saya posting itu disebabkan datangnya seorang pengguna ponsel type ini kepada kami. Apa yang dikeluhkan oleh orang tersebut adalah ponselnya tidak dapat dihidupkan normal kembali dan mengeluhkan keadaan ponselnya yang kondisinya mangap pada sisi kanan dan kiri ponsel setelah ponsel tersebut diperbaiki oleh teknisi polsel . Ditambah lagi kondisi slider yang sulit untuk dibuka/slide keatas.

       Seperti biasa kita harus melayani mereka yang membutuhkan bantuan kita dengan baik. Setelah kami lakukan pemeriksaan yang teliti ternyata terjadi banyak kesalahan yang dilakukan oleh teknisi sebelum kami. Yang mana hal ini berakibat pada korsletnya layar LCD ponsel dan tidak sempurnanya posisi antara casing depan dan casing belakang sehingga ponsel jadi merot seperti bibir mbah saya, hee...hee..heeee.....

       Untuk hasil yang baik silakan anda ikuti langkah kerja ini :

a. Siapkan perkakas kerja berikut ini
       1. Obeng bermata + ( plus )
       2. Pinset ( plier )
       3. Pick
       4. Fleksibel baru

b. Berikut langkah kerjanya :

       1. Buka/slide ke atas posisi layar ponsel. Balik ponsel sehingga anda berhadapan dengan boks baterai ponsel, lepas penutup slider layar ponsel. Lepas 2 buah sekrup yang terdapat dibalik perekat/sticker tersebut, dan lepas pula 4 buah sekrup yang terdapat pada boks baterai.































       2.  Balik posisi ponsel menghadap anda kembali, tahan slider layar ponsel karena layar ponsel dan slidernya telah terpisah dari casing bagian belakang.
Angkat sedikit posisi slider layar ponsel sampai terlihat soket dan fleksibel pada MAIN BOARD ponsel, dengan menggunakan bantuan pinset/plier buka pengunci soket fleksibel pada main board, hati-hati jangan sampai pengunci ini patah, pecah ataupun terlepas dari soket. Kemudian lepas fleksibel utama dari main board, maka casing dan slider layar ponsel akan terpisah dari casing belakang. Lepas 2 buah sekrup yang terdapat pada slider layar ponsel. Setelah sekrup terlepas dengan menggunakan pick lepas casing layar dari bagian atas mengarah kesamping kanan dan kiri bergantian. Setelah bagian atas dan sisi kanan kiri terbuka, pada bagian bawah casing layar tarik kearah bawah untuk melepaskannya dari slider layar.




























       3.  Kemudian dengan menggunakan pick cungkil keatas pcb keypad depan, buka pengunci soket fleksibel bagian depan menggunakan pinset/plier. Lepas fleksibel lama yang robek/putus dan gantikan dengan yang baru.






















       PERHATIAN !!!

       Pada fleksibel baru Sonyericsson W100i di salah satu ujung fleksibel ada tulisan yang berbunyi 'Main Board' tepatnya pada bagian ujung yang bercabang satu. Ini artinya bahwa ujung fleksibe tersebut/yg bertuliskan 'Main Board' harus anda pasang pada soketnya yang terdapat pada MAIN BOARD. Jangan sampai terbalik karena jika anda memasang ujung tersebut pada soket fleksibel yang terdapat pada pcb keypad depan, artinya anda telah membalik jalur catuan lcd dan led lcd serta digital code untuk lcd. Yang mana ini akan berakibat fatal pada layar lcd dan akan berakibat lcd panas/korslet dan akan tidak dapat memunculkan tampilan apapun seperti layar ponsel yang mengalami BLANK. Jika kemudian anda balik fleksibelnya maka LCD sudah tidak dapat anda selamatkan/ akan tetap putih tanpa tampilan.












       4. Pasang ujung fleksibel yang memiliki dua tangkai pada sisi kanan dan kirinya pada soket fleksibel yang terdapat pada pcb keypad depan. Eratkan dengan menutup penguncinya.
Kembalikan posisi pcb keypad pada posisinya semula. Kemudian pasang ujung fleksibel yang bertuliskan 'Main Board' atau yang bertangkai satu pada soket fleksibel di main board/pcb utama, eratkan juga dengan menutup kunci soketnya.
Tempatkan posisi rel slider pada kedudukannya semula dengan benar, eratkan rel slider denga menggunakan 2 buah sekrup nya saja. Hidupkan ponsel dan lakukan pengecekan fleksibel yang baru anda ganti seperti langkah yang sering saya sampaikan.













































       5. Setelah anda selesai melakukan pengecekan, matikan kembali ponsel anda dan lepas 2 sekrup yang digunakan pada boks baterai. Lepaskan pula fleksibel yang anda pasang pada main board. Setelah slider layar tepisah kembali pasang casing layar LCD. Pasang 4 buah sekrupnya pada rel slider bagian atas dan dalam. Pasang kembali sticker penutup rel slider. Kemudian pasang kembali fleksibel pada soket fleksibel di main board dan tempatkan letak slider pada tempat yang benar pada casing main boar/casing belakang. Eratkan dengan memasang kembali 4 buah sekrupnya dari boks baterai. Bila anda menempatkan posisi slider dengan benar maka casing tidak akan nampak menclek dan mangap. Jadi mohon mangap bila menclek eeehhhh....salah maksudnya pasti mangap bila menclek memasang rel slidernya

       6. Langkah terakhir pasang sim card dan baterai kemudian hidupkan ponsel dan lakukan pengetesan sebagai tahap finishing seperti biasa. SELESAI



       THERE IS NO DIFFICULTIES IF THERE IS A FRIEND HELPING YOU. TWO HEADS BETTER THAN ONE HEAD

   
       Demikianlah sedikit tambahan yang mungkin ada manfaat bagi semua rekan-rekan NEWBIE yang senantiasa berkunjung ke blog ini. Atas kunjungan anda saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya.
U CAN TOUCH ME ON harrysuryajaya@yahoo.com OR harrysuryajaya@gmail.com SEE YA NEXT

wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae ( The Singo MUMETH )

Baca juga posting



6 comments:

  1. terima kasih mas hari setiyawan..! saya jadi tertolong..

    ReplyDelete
  2. Wah,,mantap banget..thanks atas infonya,,sangat bermanfaat dan membantu..

    ReplyDelete
  3. tetap teliti dlm bekerja agar pelanggan tak lari kemana.
    MANTAAP back for comment thumb for u

    ReplyDelete
  4. gan ane ganti flexybele tapi pas stanby layar langsung putih. dan bila di nyalakan lagi.tampil lagi . kalau tu hp di pakai terus ngak masalah tapi itu tadi pas stanby dan di pencet eee layar blank.kira kira apanya gan...??? tanks

    ReplyDelete
  5. p3k yang pertama :
    -bersihkan soket fleksibel di setiap pcb ponsel [ pcb utama dan pcb dibawah layar lcd ]
    - periksa penjepit soket fleksibel di pcb lcd ada atau tidak.
    - cara membersihkan, patahkan silet jadi 2 bagian. potong ujung silet pake tang agar jadi meruncing. kerik semua pin soket fleksibel pelan-pelan sampai pin kuningan jadi terlihat mengkilat.
    ada kemungkinan koneksi fleksibel dan soket tidak baik. jadi lakukan langkah ini dulu.
    bila tidak berhasil cek ic emif lcd dan lcd nya.

    ReplyDelete