Monday, January 21, 2013

WRITE and READ MTK IMEI via USB

ASALAMUALAIKUM WR WB


Memperbaiki IMEI handphone produk china yang tidak dapat dilakukan oleh beberapa Box Flasher, ternyata masih memiliki jalan keluar apabila kita mau sedikit berfikir dan berusaha. Walaupun usaha tersebut masih harus melalui bantuan sebuah program software.
Pengalaman ini saya peroleh ketika mendapat masalah dalam memperbaiki sebuah ponsel china yang kehilangan IMEI. Karena ponsel tersebut dari golongan DUAL SIM maka saya periksa keberadaan IMEI keduanya. Untuk memeriksa IMEI secara manual tinggal menekan tombol *#06# maka kedua IMEI akan muncul pada layar ponsel. Perlu diketahui, dengan hilangnya nomor seri IMEI ponsel china maka anda akan mendapati kasus INVALID SIM atau SIM INVALID.
Dua senjata andalan telah saya pergunakan namun selalu gagal ketika mem-booting ponsel tersebut. Pada langkah pertama saya mempergunakan MCN Pro, pinout dapat terdeteksi dengan baik. Namun kesulitan membuka ROM sehingga tidak dapat saya lanjutkan. Percobaan kedua menggunakan ajian pamungkas VOLCANO Box, namun hasilnya tetap sama. Perlu anda ketahui bahwa IMEI dapat dibaca hanya ketika ponsel bisa BOOTING normal. Karena ponsel ini kebetulan bandel akibat dari proses produksi masal nya yang kurang sempurna berakibat sulitnya Box Flasher menembus system ponsel. Kemudian saya mencoba untuk melihat stock program yang tersimpan di PC ternyata menemukan sebuah program SNIW_RW yang bermanfaat karya QiHui.
Dari sebuah pemikiran sederhana bahwa IMEI akan terbaca bila ponsel dalam kondisi ON, maka saya coba untuk meng-koneksikan ponsel ke PC via USB, dengan bantuan baterai ponsel tentunya.
Untuk melakukan proses ini kita harus terlebih dahulu meng-instal driver chipset yang bersangkutan. Pada demo ini saya meng-instal MTK USB V-COM Driver karena ponsel menggunakan chipset MTK.


Langkah kerja :

1. Hidupkan ponsel dengan baterai yang cukup terisi, minimal masih menyimpan daya 50%
2. Sambungkan ponsel ke PC melalui kabel USB yang sesuai, untuk windows 7 setelah ponsel anda konesikan terhadap PC tunggu sebentar sampai muncul pop-up MTK USB READY TO USE di sudut kanan bawah layar PC anda. Selanjutnya pada layar ponsel akan muncul pilihan koneksi yang akan dibuat antara ponsel dan PC. Silakan pilih yang berhubungan dengan USB, contohnya pilihan USB COM lalu OK.
3. Kemudian klik kanan My Computer pilih Device Manager kemudian klik COM PORT. Lihat pada COM berapa ponsel anda terdeteksi.

4. Sekarang buka program SNIM_RW. Pada saat pertama terbuka secara default program ini memilik seting port pada PORT 7, tugas anda merubah PORT ini sesuai yang anda lihat di Device Manager.

5. Bila tombol elips berwana hitam telah berubah menjadi HIJAU ini menandakan SNIM_RW sudah mendeteksi keberadaan ponsel. Lanjutkan dengan meng-klik tombol READ IMEI 1 untuk menyakinkan bahwa IMEI benar-benar tidak terbaca. Bila IMEI terhapus atau hilang akan muncul pesan LOG +EMGR="" yang mungkin artinya adalah IMEI kosong, dan juga di sisi kiri bawah tidak menunjukkan seri IMEI. Yang muncul hanya kotak warna HIJAU.


6. Tugas selanjutnya adalah mengetikkan seri IMEI yang terdapat pada stiker rangka belakang ponsel anda ke kotak IMEI 1. INGAT!!! Jangan menyertakan digit angka terakhir seri IMEI anda, cukup ketikkan 14 digit saja. Kemudian klik Write IMEI. Akan Muncul beberapa pesan error yang membingungkan. Pada kasus ini saya membiarkan saja pesan-pesan pada LOG tersebut sampai muncul pesan +EMGR= " sesuai imei yang anda ketik" dan OK. Untuk menyakinkan berikutnya saya klik Read IMEI dan muncul seri IMEI pada kotak disampingnya. Perhatikan disisi kiri bawah akan muncul juga seri IMEI 1. Untuk menyakinkannya saya memutus koneksi ponsel ke PC dan menutup program SNIW_RW. Dan cek IMEI secara manual. Ternyata IMEI 1 telah berada pada IMEI 1 ponsel dengan benar.


7. Proses berikutnya serta tindakan yang sama pada langkah nomor 6 silakan diulangi lagi untuk menuliskan IMEI 2. Yang perlu diingat apabila pada stiker rangka ponsel tidak terdapat seri IMEI 2 maka anda harus mengetikan seri IMEI kedua dengan digit terakhir [ digit ke 15 ] berurut berdasarkan angka digit terakhir pada IMEI 1. Misalnya IMEI 1 memiliki angka 1 pada digit ke 15 [ terakhirnya ] maka untuk IMEI 2 anda harus mengetikkan 15 digit seri IMEI 2 dengan angka digit terakhir adalah angka 2 seperti anda berhitung secara urut.

8. Berikutnya yang terakhir Read IMEI 2. Bila pada kotak Read IMEI 2 dan pada sudut kiri bawah telah tertera seri IMEI 2 artinya seri IMEI 2 telah tertanam pada system ponsel. Kemudian putus koneksi ponsel ke PC dan tutup program. Periksa juga IMEI secara manual untuk meyakinkan.

Demikianlah sekelumit pengalaman yang dapat dibagikan oleh Wong Bodo kepada rekan-rekan sekalian. Semoga oret-oretan saya ini BERMANFAAT juga untuk rekan-rekan.

TERIMA KASIH, dan

wasalamualaikum wr wb


Arek NGAJUM IsoIso Ae [ The Fully Fuckin' Headache Lion ]

Baca juga posting



4 comments:

  1. MTK USB V-COM Driver kayak a cuman suport sm win xp ya gan ,punya cara ga gan biar bs d instal d win 7 .

    ReplyDelete
  2. screen shot yg saya buat berasal dari layar pc saya yg menggunakan windows 7. Dan berjalan dengan baik.
    coba berusaha dulu untuk berhasil menginstalnya di wins 7 anda. bila benar-benar buntu dan tak ada alasan untuk bisa. silakan e-mail saya.
    explore dulu kemampuan diri baru kita minta solusi. saya jamin pasti anda berhasil. pasti....

    ReplyDelete
  3. apakah ini jadi permanen..???? soalnya aku coba bbrp cara kalo di factory reset dia kembali lagi jadi invalid imei, mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  4. saya belum ketemu masalah imei invalid karena factory reset yang saya lakukan. bila imei yang saya masukkan sesuai imei pada label ponsel. bila ketemu masalah tersebut akan saya berikan solusinya. terima kasih

    ReplyDelete