Monday, December 3, 2012

Cara Ganti Microfone NOKIA 5310 Xpressmusic

ASALAMUALAIKUM WR WB


Cara mengganti microfon Nokia 5310 Xpressmusic apabila kesulitan mencari pengganti microfon 5310 yang berbentuk kotak.
Microfon condenser berbentuk kotak tidak sama dengan yang berbentuk bulat. Pada mic condenser kotak dibenamkan komponen tambahan didalamnya sehingga memiliki 4 buah pin kaki.
Perhatikan skema berikut ini



Dari skema tersebut dapat diketahui bahwa sebelum sinyal suara yang diterima oleh mic condenser dikirim ke ic avilma, sinyal suara lebih dulu melewati beberapa komponen bridge untuk mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh avilma.


Bagaimana bila anda kesulitan untuk mendapatkan mic condenser pengganti yang sama. Tentu anda harus mengganti dengan yang lainnya. Pada contoh kali ini akan saya gunakan pengalaman saya ketika menangani kerusakan microfon yang terjadi pada ponsel sony ericsson K750. Karena kesulitan mencari mic pengganti yang sama, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan mic condenser berbentuk bulat. Dan sudah tentu ada trik khusus agar mic baru ini dapat bekerja.



Lepas microfon kotak anda dari pcb 5310 xpress. Pasang sebuah resistor jumper berukuran 1 Kilo ohm [ bisa dicari di mesin hp bekas, atau menggunakan mesin bekas MPEG VCD ]. Pasang resistor tersebut pada pin kaki nomor 2 dan 4. klik gambar pcb nyata agar lebih jelas. Selanjutnya dari pin nomor 2 solderkan seutas kawat email menuju inner [ micP ] pada microfon bulat. Dan bagian luar hubungkan ke pin 1 pada pcb untuk pembumian [ grounding ]. 

Setelah selesai dan saya coba ternyata pengalaman tersebut bisa dipraktikkan pada ponsel NOKIA juga. Dan hasilnya microfon bekerja normal mengirim sinyal suara ke ponsel penerima. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat juga untuk rekan-rekan. Namun jangan lupa juga untuk memeriksa tiap-tiap komponen yang saya beri warna kotak merah.


wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [ The Fully Fuckin' Headache Lion ]







Baca juga posting



1 comment:

  1. Salam kenal dan success selalu gan..
    numpang nyruput ne..

    ReplyDelete