Sunday, June 19, 2011

Ganti fitur bahasa tanpa Full Flashing dengan MX Key

      Satu hal lagi yang membuat saya sangat menyukai si mungil MX Key adalah kemampuan dongle ini  untuk melakukan flash hanya pada area PPM saja, atau area bahasa dapat kita ubah tanpa harus menyertakan file MCU yang ada pada satu paket versi Firmware software hape. Khususnya untuk merubah bahasa yang ada pada hape merk NOKIA kita dapat dengan mudah melakukannya. Sehingga secara tidak langsung kita tidak membuat perubahan sedikitpun pada area user. Beda apa bila kita harus melakukannya dengan cara full flash yang mana akan melakukan kegiatan erasing flash pada seluruh area MCU dan PPM, sehingga sebelum kita lakukan proses tersebut mau tidak mau kita harus melakukan backup file dulu dan setelah selesai proses maka kita harus melakukan pengembalian file backup tersebut. Jelas ini sangat kurang efektif, apalagi kalau pekerjaan sedang banyak tentu hal tersebut dapat memperpanjang waktu yang kita gunakan.

HOW TO RUN MXKEY V3.5 REV2.3 WITH UFS TORNADO


      Sudah barang tentu MX key akan jadi pilihan yang paling tepat untuk mempercepat proses penggantian bahasa tanpa harus melalui prosedur yang bertele-tele. Sebelumnya akan sangat lebih baik apabila kita mendownload firmwarenya dari Support MX Key Indonesia ( support #4 pada area service setting ). Mengapa demikian, ya karena pada support area tersebut telah disediakan firmware yang khusus mendukung versi bahasa Indonesia jadi kita tidak perlu lagi mencari file bahasa yang mana yang ada bahasa Indonesia nya. Namun sebelum kita melakukan flash PPM dengan MX Key tentu kita harus terlebih dahulu mengetahui versi software dari hape yang kita tangani, agar kita tidak salah dalam memasukkan versi software PPM nya. Karna kita harus menyamakan dengan versi yang berjalan pada area MCU. Namun demikian MX Key dengan mudah dapat melaakukan nya. Dan kita juga dapat melakukannya dengan cara manual, sebagai contoh adalah pada hape NOKIA N73 yang saya tangani dan juga NOKIA 2630 dari versi DCT4. Kita tinggal mengetikkan tombol *#0000# maka akan muncul versi software yang berjalan pada system hape tersebut. Untuk versi DCT4 biasanya akan muncul pula versi PPM yang digunakan pada hape tersebut, contohnya pada NOKIA 2630 manakala kita tekan tombol *#0000# akan muncul pula versi PPM yang digunakan yakni Language: v04.90 PPM-X. Demikian cara manual yang dapat kita lakukan sebelum melakoni proses ganti bahasa menggunakan MX Key.

      Berikut ini langkah-langkahnya:

      1. Setelah software utama mobilEx terbuka klik tombol Bus Check. 
      2. Pada tab Flashing beri tanda centang pada kolom LANGUAGE Only.
      3. Ambilkan file PPM dari folder firmware nya dan pilih yang versinya sama dengan versi MCU nya.
      4. Klik Open pada file tersebut untuk memasukkannya ke kotak PPM secara otomatis.
      5. Setelah dirasa dan diperiksa versi software nya sudah benar serta file PPM sudah masuk pada tempatnya langsung klik Flash.
      6. Tunggu proses berjalan sampai selesai. Kemudian sebagai tahap Finishing pada area Factory Value Reset klik tombol Reset All. Selesai

      Kemudahan yang selalu disuguhkan oleh MX Key semakin membuat bangga saya pribadi akan karya besar anak Bangsa ini. Satu hal yang perlu kita lakukan hanyalah memahami fungsi dari setiap tombol yang terdapat pada tampilan utama software MX Key, sehingga kita dapat mengoptimalkan fungsi dan kegunaannya. jangan segan segan untuk terus belajar demi mengembangkan ilmu yang telah kita peroleh. Semoga apa yang saya jabarkan di atas dapat memberi manfaat bagi semua rekan seprofesi. Terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini.

      Admin:
     harrysuryajaya@gmail.com
     bukan_nyankasli@yahoo.co.id
     harrysuryajaya@yahoo.com

     Special Thank's to:
     Allah SWT
     Muhammad SAW
     Ibu dan Bapak
     ALmarhum Istri tercinta Ita Nurwati
    Ananda Hanny Fitri Ayu Iswarini
    Harris susetyo
    Semua yang telah mengunjungi blog ini

      Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.
 Next topic: How to Flash SAMSUNG via UFS3+HWK

Baca juga posting



No comments:

Post a Comment