Wednesday, October 10, 2012

Ganti Touchscreen NOKIA N9 China Clone [ Sunup Branded ]

ASALAMUALAIKUM WR WB


       Trik sederhana dalam membongkar pasang ponsel cloning buatan cina ber-merk SUNUP [ kalo orang jawa beli ponsel ini saya jamin akan SENEP >senep;java;adj;stoamache;gathering pain in stoam ] dengan type NOKIA N9.
Bentuk dan tampilan ponsel cloning china memang menarik dan berkesan ponsel kelas wahid. Namun belum puas para pembeli meng-operasi-kan nya ponsel tersebut sudah membuat ulah kerusakan. Kebetulan kerusakan kali ini akibat dari kecerobohan sang pengguna, jadi tak perlu menyalahkan kualitas ponsel yang pas-pasan ini. Berikut ini cara mengganti kerusakan touchscreen yang mengalami keretakan atau kerusakan touchscreen yang umum lainnya.


A. Lepas tutup layar LCD yang bertuliskan NOKIA dengan cara mengelupasnya. Tutup ini hanya direkatkan saja pada frame layar LCD bagian depan menggunakan double tape. Selanjutnya lepas 4 buah sekrup yang ditunjuk tanda panah dengan nomor 1 sampai 4.
ket. gambar :
1,2,3,4 >> sekrup frame layar LCD bagian depan
6 >> menunjukkan keretakan layar touchscreen
7 >> kamera sekunder ponsel
8 >> penutup dan pelindung layar LCD secara keseluruhan


B. Lepas frame logam pelindung layar LCD depan dengan cara mencungkilnya, harap hati-hati ketika mencungkil jangan sampai mengakibatkan kerusakan lain pada layar LCD.
ket. gambar :
1 >> soket eksternal memory
2 >> frame layar LCD bagian depan


C. Keluarkan layar LCD dari framenya seperti terlihat pada gambar berikut.
ket. gambar : 
1 >>  5mm audio jack 
2 >> eksternal memory socket
3 >> sim card socket
4 >> rear screen holder
5 >> volume up
6 >> volume down
7 >> power button
8 >> rear screen holder screw
9 >> battery
10 >> rear screen holder screw
11 >> 2nd rear screen holder
12 >> buzzer/loud speaker
13 >> vibrator 
14 >> screen serial number
15 >> touchscreen flex connection pins


D. Bila ingin melakukan perbaikan hardware yang terdapat pada mainboard ponsel, lepas dua buah sekrup frame layar LCD belakang yang ditunjuk panah dengan nomor 8 dan 10. Keluarkan frame layar LCD bagian belakang untuk mengeluarkan mainboard dari posisinya.
ket. gambar :
1 >> whole screen
2 >> cracked of touchscreen
3 >> vibrator
4 >> buzzer/loudspeaker


E. Bila pekerjaan hanya sebatas mengganti layar touchscreen maka anda tidak perlu melepas frame layar LCD bagian belakang. Untuk melakukan penggantian layar touchscreen, lepas fleksibel touchscreen dari fleksibel layar LCD menggunakan solder FILAMEN. Letak fleksibel touchscreen pada fleksibel layar LCD ditunjukkan pada gambar  dengan nomor panah 15. 
Lakukan pemasangan layar touchscreen baru anda, INGAT : lakukan pelepasan dan pemasangan layar touchscreen seperti gambar berikut ini dengan tujuan tidak merusak layar LCD akibat dari panas yang dihasilkan oleh solder FILAMEN.
ket. gambar :
1 >> camera flex
2 >> prolific USB port
3 >> main screen
4 >> touch screen


DEMIKIANLAH CARA SEDERHANA DALAM MEMBONGKAR PONSEL CLONING


wasalamualaikum wr wb

Arek NGAJUM IsoIso Ae [ The Fully Fuckin' Headache Lion ]








Baca juga posting



No comments:

Post a Comment